Berita & Agenda

IQPlus, (04/01) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution akan mendorong penyiapan mitigasi risiko dan penanganan bencana alam di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

"Mitigasi akan lebih jelas," kata Darmin saat ditemui di Jakarta, Jumat.

Darmin mengatakan bahwa mitigasi risiko tersebut akan diupayakan di KEK yang siap diresmikan pemerintah dan evaluasi dilakukan pada KEK yang selama ini sudah beroperasi.

"Mitigasi ini untuk permintaan KEK yang baru. Bagi yang lama, kami akan minta di-review kembali setelah memasukkan analisa risiko, peta dan sebagainya," ujarnya.

Darmin mengatakan upaya mitigasi risiko ini harus mempertimbangkan rancangan tata ruang dan willayah di kawasan tersebut agar penanganan krisis dapat lebih cepat dilakukan.

Ia berkaca kepada penanganan bencana alam tsunami Selat Sunda akibat erupsi Gunung Anak Krakatau yang berdampak pada KEK Tanjung Lesung di Banten.

"Misalnya Tanjung Lesung, seharusnya ada pemecah ombak, tapi waktu itu entah bagaimana ini terlewati. Seharusnya itu ada, kalau tidak ada, sebentar lagi kalau ada longsoran atau bahkan letusan akan kena," katanya.

Dengan upaya mitigasi risiko, ia mengharapkan penanganan bencana alam di KEK dapat lebih cepat dan tidak memakan banyak korban jiwa.(end)

Daily Report

Equity Analysis

Selengkapnya

Technical Analysis

Selengkapnya
Compendium

2018

Download

2017

Download