Ketika Anda akan memulai untuk berinvestasi, sangat penting bagi Anda untuk mengevaluasi perusahaan yang anda pilih sebagai tempat untu berinvestasi. Jika anda memiliki keinginan untuk berinvestasi di pasar saham, Anda perlu melakukan riset terhadap data perusahaan, manajemen perusahaan, dan prospek produk perusahaan tersebut. Maka dari itu Anda harus mengetahui ciri-ciri perusahaan yang aman untuk berinvestasi.

Syarat utama untuk memilih tempat investasi yang aman adalah tawaran keuntungan yang wajar. Bila Anda menemukan tempat investasi yang menjanjikan imbal hasil yang tinggi dalam waktu singkat, alangkah baiknya berhati-hati. Imbal hasil wajar yang diperoleh dari beberapa produk investasi umum seperti surat utang, saham atau reksa dana biasanya berada pada angka 10 hingga 20 persen setiap tahunnya.

Kemudian, lembaga legal yang menawarkan investasi pasti paham benar dengan produk investasi yang mereka tawarkan. Calon pelanggan akan mendapat penjelasan secara rinci mengenai produk yang dimiliki. Paparan yang diberikan juga tidak mengambang dan jelas. Mulai dari besaran dana investasi, aliran dana hingga besar imbalan yang dapat diterima oleh investor.

Kriteria perusahaan yang aman untuk berinvestasi

  1. Ada izin usaha dari otoritas terkait seperti OJK, BEI, BI
  2. Tidak menawarkan keuntungan fantastis dalam waktu singkat
  3. Informasi struktur manajemen & laporan keuangan perusahaan investasi harus transparan 
  4. Tidak memberi kesan seolah-olah investasi bebas risiko