Dalam segala bentuk investasi tentunya ada risiko investasi yang menyertai. Tidak ada bentuk investasi yang bebas risiko, termasuk deposito yang terbilang bentuk investasi paling aman. Hal ini sesuai dengan prinsip investasi yaitu “high risk, high return” atau semakin tinggi risiko semakin tinggi pula imbal hasilnya.

Segala hal yang berhubungan dengan perputaran uang memang tidak akan terlepas dari faktor untung-rugi. Ada berbagai macam jenis investasi yang memiliki risiko kerugian tinggi namun justru mampu menghasilkan imbal balik yang besar. Bahkan untuk jenis investasi saham yang mampu membawa keuntungan besar saja bisa mengalami kerugian. Tidak jarang, jenis investasi ini malah membuat seorang investor gigit jari karena tidak mendapatkan apa-apa. Kemudian jenis lainnya adalah emas. Harga emas cenderung merambat naik setiap tahunnya. Karena kondisinya yang stabil, sebagian besar masyarakat masih menggemari jenis investasi ini.

Banyak masyarakat berpikir bahwa investasi memiliki resiko yang sangat besar dan membutuhkan biaya yang besar dalam berinvestasi. Nyatanya, ada beragam investasi yang bisa Anda lakukan dan Anda harus bisa menentukan investasi yang menguntungkan dan berkesinambungan.